Tuesday, August 28, 2018

Pengertian & Fungsi Dari CSS

 



Setelah sebelumnya membahas tentang "Pengertian & Fungsi Dari HTML", untuk selanjutnya admin akan membahas tentang "Pengertian & Fungsi Dari CSS".

HTML & CSS adalah komponen yang sangan penting dalam dunia website modern saat ini. jika fungsi dari HTML untuk membuat kerangka dari suatu website, fungsi dari CSS adalah membuat tampilan suatu website tersebut menjadi lebih tertata dan menarik. Sebagai contoh, perhatikan dua gambar dibawah.


dua gambar diatas menunjukan perbedaan antara form yang mengunakan CSS dan tidak menggunakan CSS. (gambar atas menggunakan CSS dan yang bawah tidak menggunakannya). Gambar diatas adalah contoh real dari penggunaan kode CSS. Fungsi utama dari penggunaan CSS adalah merancang, mendesain, mengubah, dan membentuk halamam website. 


Sekarang kita masuk tentang pengertian dari CSS,  CSS adalah akronim dari Cascading Style Sheet. kenapa dinamai demikian, karena kode ini mengatur tentang style dari halaman website agar menjadi lebih terstruktur dan seragam. CSS merupakan salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web dengan cara menggunakan penanda/tag sebagai selector untuk menentukan style apa yang akan digunakan. Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumenXML, termasuk SVG dan XUL bahkan Android.


Dalam penggunaan CSS, ada banyak cara yang digunakan untuk menginput css dalam halaman website. Seperti Inline Style Sheet, Embedded Style Sheet, dan External Style Sheet. dari ketiga cara diatas, External Style Sheet-lah yang paling banyak digunakan. untuk pengertian dan cara pengunaan tiga cara diatas akan admin bahas dalam "Tutorial CSS".

Untuk saat ini terdapat tiga versi dari CSS, yaitu : CSS1 yang berpusat pada pengembangang pemformatan dokumen HTML. CSS2 yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan terhadap format dokumen agar bisa ditampilkan diprinter. dan yang terbaru adalah CSS3 yang lebih power full lagi dalam pen-desainnan website agar tampil lebih cantik.
sekianlah "Pengertian & Fungsi Dari CSS" ssemoga bermanfa'at, dan terima kasih.

No comments:
Write comments