Saturday, July 21, 2018

Cara Instalasi Wordpress di Localhost

 

Cara Instalasi Wordpress di Localhost


Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara menginstal CMS Wordpress di server localhost. sebelum melangkah lebih jauh, pembaca mungkin ingin tahu alasan admin memilih CMS Wordpress dari pada yang lain, padahal masih banyak lagi CMS yang lain seperti, Drupal, Joomla dan sebagainya(admin ngga hapal namanya). Oleh karena itu admin akan menjelaskan kenapa admin memilih Wordpress, sekaligus juga alasan admin menggunakan server localhost.

Yang pertama, alasan admin memilih Wordpress sebagai pilihan hati admin, karena mahar yang perlu admin keluarkan tidak lebih dari 0 rupiah alias GRATIS. untuk mendapatkan Wordpress, kita hanya perlu mengunjungi website resminya, dan silahkan langsung download secara cuma-cuma, atau anda bisa download Wordpressnya disini. setelah file Wordpress sudah ter-download silahkan siapakan server untuk menjalankan Wordpressnya. Nah, untuk menjalankan Wordpress dengan baik, kita memerlukan server sekaligus database untuk memulai instalasi. untuk mendapatkan server dan database, pengunjung bisa menyewanya di perusahaan hosting, jika tidak punya banyak buget untuk menyewa server, admin punya solusinya. Solusinya ialah dengan mendownload aplikasi XAMPP yang berfungsi sebagai server sekaligus database. untuk mendownload XAMPP sekaligus cara instalasinya sudah admin bahas di "Cara Instal XAMPP di PC". 

Langsung saja, kita prakter "Cara Instalasi Wordpress di Localhost". sebelumnya, siapkan peralatanya. seperti XAMPP, Wordpress, dan pastinya PC atau laptop sebagai medianya.
jika sudah lengkap, langsung saja.

1. jalankan terlebih dahulu XAMPP yang sudah berhasil ter-install, dan klik start pada kolom "Apache" dan "MySql".


2. setelah aplikasi XAMPP berjalan, silahkan buka web browser kesayangan anda, lalu ketik "localhost/applications.html" di address bar browser anda. dan pilih tab "PHPMyAdmin"



3. untuk selanjutnya, silahkan konfigurasikan database untuk proses instalasinya. cara untuk membuat database baru sangatlah mudah. klik "New" dan selanjutnya anda tinggal mengisi nama database baru anda, lalu klik "buat"

NB: untuk nama database usahakan untuk memberikan akhiran "db" seperti contoh diatas, dan gunakan karakter "_" sebagai ganti dari spasi.

4. setelah database selesai dibuat, silahkan anda extract file Wordpress yang sudah ada download tadi di directory C:xampp/htdocs/. 



5. tahap berikutnya, silahkan ketik "localhost/wordpress" pada address bar browser anda lalu enter. langsung "next" saja. pada jendela berikutnya, anda akan diminta untuk segera mengisi form agar instalasi berjalan lancar. yang perlu anda isi dalam form tersebut adalah data akses database baru yang anda buat tadi, dalam kondisi default yang perlu di isi adalah

*Nama Database :(database yang anda buat tadi)

*Usename            :(user name dari database yang anda buat. Dalam kondisi default, user name-nya adalah "root"

*Password           :(ini bisa anda kosongkan jika anda menggunakan user name "root")

*Database Host   :(biarkan default)

*Table Prefix        :(biarkan default)



6. setelah form diatas selesai di isi, langsung saja klik "Submit" dibawah untuk memulai instalasi. jika instalasi berjalan lancar, selanjutnya wordpress akan meminta informasi seputar website anda.


NB: untuk data yang dimasukkan di form selanjutnya ini terserah pembaca

7. jika sudah selesai, tinggal klik "Instal Wordpress" kemudian jika proses instalasi sudah selesai, anda bisa "log in" dengan username dan password yang anda isikan sebelumnya.


8. dan Hola..!!!, website offline anda sudah selesai ter-instal di pc anda.


dan yang paling terakhir, terimakasih telah berkunjung di website kami, semoga bermanfaat. jika ada kendala saat instalasi XAMPP atau yang lain, admin siap membantu. sekian dari admin, terimakasiih. 

No comments:
Write comments