Monday, July 23, 2018

Pengertian dan Fungsi Dari HTML

 



Para admin website pada umumnya pastinya sudah paham tentang apa yang disebut dengan HTML sekaligus kegunaanya, namun bagi para "NewBie", istilah HTML mungkin jarang didengar, atau bahkan belum sama sekali.

Nah... pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan tentang pengertian dari HTML berserta fungsinya.

HTML adalah sebuah "akronim" atau kependekan dari "Hyper Text Mark-up Language" . jika anda ingin melihat bagai mana HTML dalam bentuk "sesungguhnya", anda bisa melihatnya dengan web browser kesayangan(chrome/mozilla) anda. caranya...?, anda tinggal klik kanan > "View Page Source/Lihat Sumber Laman". 

setelah melihat rupa sebenarnya dari HTML, anda mungkin mengalami kecemasan, namun anda tidak perlu merasa cemas, karena admin akan membantu pembaca agar dapat memahami HTML secara keseluruhan.

Pertama-tama, kita bahas kenapa HTML meliki kepanjangan ("Hyper Text Mark-up Language") nama yang begitu susah untuk diucapkan. HTML sebenarnya perpaduan antara kata "Hyper Text" dan "Mark-up Language" . masing-masing kata memiliki arti yang berbeda pastinya. HTML dinamakan "Hyper Text" karena pada HTML, sebuah text dapat berubah fungsi menjadi link yang dapat mengakses sebuah halaman lain hanya dengan cara klik saja. namun pada prakteknya, tidak hanya text saja yang dapat digunakan sebagai link. Sedang penggunaan kata "Mark-up Language"  bermaksud untuk menunjukkan bahwa HTML menggunakan Mark, sebagai penanda bagian-bagian tertentu dari text. Contohnya seperti text yang ditandai dengan kode ini akan membuat text tebal, dan jika ditandai dengan kode yang berbeda maka akan dicetak miring. Dalam HTML, tanda ini disebut sebagai tag HTML.

Selanjutnya kita bahas fungsi dari HTML. Secara umum, HTML berfungsi sebagai pondasi dari setiap halaman website yang kita akses, karena HTML ini hanya berfungsi sebagai pondasi, tentunya masih membutuhkan tembok dan yang lainya. dalam sutu halaman website pada umumnya, HTML ditampilkan besertaan dengan kode-kode lainya yang bertujuan unutk memanipulasi tampilan website agar lebih indah. kode yang biasa disertakan dengan HTML antara lain seperti CSS, Java Script,dan PHP.

Saat admin melakukan blogwalking admin membaca bahwa HTML bukanlah sebuah bahasa pemrogaman (programming language)., melainkan hanya sebuah Mark-up (markup language). admin setuju dengan pendapat ini. Karena, menurut admin HTML hanya berfungsi untuk menandai sebuah text didalam halaman website. sedangkan dalam HTML tidak terdapat fungsi IF, atau LOOP  yang biasa kita temukan dalam bahassa pemrogaman yang lainya.

Sebelum HTML, ada pendahulunya yang disebut dengan xHTML (Xtensible Hypertext Markup Language) yang memiliki aturan penulisan kode yang lebih ketat dari pada HTML versi sekarang ini. Untuk sekarang ini, versi HTML sudah pada versi yang ke-5, atau yang lebh dikenal dengan HTML5. perbedaan dari HTML dan xHTML sebenarnya tidak banyak, tapi admin tidak membahas perbedaanya dalam postingan ini. cukup sekian dari admin, semoga bermanfa'at. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

No comments:
Write comments