Monday, February 4, 2019

Memilih Text Editor

 

Memilih Text Editor


Setelah sebelumnya kita memilih Web Browser dan selesai menginstalnya, selanjutnnya yang kita butuhkan adalah sebuah aplikasi "Text Editor" yang fungsinya akan kita bahas pada tutorial kali ini.

Apa itu Text Editor ?

Sebelum kita memilih Text Editor, alangkah baiknya jika mengetahui apa pengertiannya terlebih dahulu. Penyunting teks atau editor teks adalah sebuatan untuk sebuah perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai penyunting teks biasa.(Wikipedia)

Contoh teks editor yang sering kita temui adalah Notepad. pada setiap perangkat komputer yang memiliki operasi sistem Windows, dapat dipastikan memiliki aplikasi ini. Sebenarnya hanya dengan mengunakan aplikasi bawaan windows ini kita sudah bisa memulai belajar HTML, tapi kami sarankan untuk menginstall aplikasi pihak ketiga agar lebih memudahkan untuk tahapan belajar. 

Banyak sekali teks editor yang dapat kita download secara gratis maupun yang berbayar. pada kesempatan kali ini kami akan mengulas teks editor yang paling sering digunakan pada saat tahap pembelajaran.

Notepad ++

Software ini adalah versi optimasi dari Notepad(tanpa tanda "+") yang sudah terinstall secara default di pc/komputer yan mengusung OS windows. Banyak sekali fungsi yang ditambahkan dalam aplikasi besutan Don Ho ini, bahkan notepad ++ mendukung banyak sekali bahasa pemrogaman dan tetunya juga mendukung HTML pastinya.

kami menyarankan jika pada tahap belajar untuk menggunakan software ini dikarenakan fitur yang lengkap, ringan, dan tentunya gratis. Pada saat tutorial ini di tulis, notepad ++ sudah tersedia untuk versi 7.6.3, Aplikasi ini bisa didownload langsung melalui situs resminya di https://notepad-plus-plus.org/download untuk versi terbarunya.


Atom IO

Untuk teks editor selanjutnya adalah Atom. Kami merekomendasikan aplikasi ini karena selain memiliki tampilan yang keren, juga memiliki banyak sekali fungsi-fungsi yang sangat berguna. Kekurangan dari teks editor ini mungkin akan terasa agak berat jika di jalankan pada sistem 32 bit. selain kekurangan di atas, sepertinya teks editor ini sudah sangat mumpuni untuk belajar HTML bahkan lebih.
Software garapan Electron ada ini dibawah lisensi MIT Licecse, yang dapat dipastikan kalau software ini gratis tanpa dipungut biaya apapun. aplikasi ini bisa di download langsung melalui situs resminya atom.io.


Bagaimana dengan Adobe Dreamweaver & Sublime Text ?

Pertama-tama kita bahas dulu aplikasi dari perusahaan Adobe ini. Memang Dreamweaver adalah aplikasi teks editor yang sangat populer saat ini, dengan fitur yang sangat melimpah untuk sekedar menjadi teks editor membuat halaman HTML. sofware ini di banderol dengan harga 270.000 rupiah perbulan untuk versi legalnya.

Untuk tahapan belajar, aplikasi ini sangat tidak cocok. Karena 'berat' dan lisensi yang tidak murah. Software ini lebih cocok jika digunakan jika telah mengerti lebih dari sekedar HTML saja.

Teks editor yang populer selanjutnya adalah Sublime Text, software ini banyak sekali diguanakan oleh para developer web, bahkan sudah menjadi standar tidak resmi. sebenarnya aplikasi ini hampir sama dengan notepad++ dan atom, namun lebih lengkap dari pada notepad++, dan lebih ringan dari atom. satu-satunya kekurangan yang dimiliki oleh teks editor ini mungkin pada harganya yang lumayan mahal, yaitu sekitar $80, atau jika dirupiahkan sekitar 1.116.000 rupiah untuk lisensi seumur hidup.

Sebenarnya ada versi trial dari Sublime, dan tentunya versi trial pasti banyak memiliki kekurangan. namun jika ingin mendownloadnya, silahkan kunjungi website resminya di https://www.sublimetext.com

Kesimpulan

Apapun teks editornya sebenarnya tidak berpengaruh, asal teks editor yang di pilih dapat menyimpan dan menulis teks yang di butuhkan itu sudah lebih dari cukup.

Sebagai alternatif pilihan, silahkan mencoba aplikasi teks editor gratis yang lainnya seperti Netbeans, Komodo, Eclipse, atau Bracket.
Setelah memilih teks editor dan selesai menginstallnya, tutorial selanjutnnya adalah membuat halaman HTML pertama kita.

No comments:
Write comments