Wednesday, September 19, 2018

Toko Online, UKM, dan #BukaInspirasi,

 


Toko Online

Kemajuan teknologi semakin hari semakin pesat, ini membuat segala hal yang dulunya susah atau bahkan mustahil untuk dikerjakan menjadi sangat mudah dan cepat. Dari sekian banyaknya perkembangan teknologi,perusahaan e-commerance yang saat ini sedang naik daun adalah toko onilne 

Seperti namanya, toko online adalah sebuah website yang telah di progam secara khusus untuk melakukan transaksi jual beli yang tentu saja dilakukan secara online. ide "Online Market Place"  ini sudah ada sejak tahun 1979 oleh Michael Aldrich dari Redifon Computers. 

Bukalapak

Contoh dari toko online yang pernah penulis gunakan adalah Bukalapak, toko online ini didirikan oleh Mas Achmad Zaky sebagai CEO dan Mas Nugroho Herucahyono sebagai CTO.


Mas Ahmad Zaky adalah contoh dari anak bangsa yang tentunya sangat meng-inspirasi. Dalam usia yang masih cukup muda, mas Zaky sudah berhasil membuat situs jual beli online yang banyak menarik perhatian dari banyak investor luar negeri. Mas Zaky, memulai bisnisnya tentu tidak mudah, Bukalapak didirikan pertama kali pada tahun 2010 dan terus berkembang sampai sekarang. pada tahun 2010, jual beli secara online banyak mendapatkan stigma negatif karena kurangnya kepercayaan masyarakat Indonesia pada saat itu untuk melakukan transaksi secara online.

Dalam memulai bisnis, kepercayaan pelanggan adalah yang nomor 1. Untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, mas Zaky memikirkan sebuah inovasi baru, yaitu dengan menggunakan "Bukalapak Payment System" dan jaminan uang kembali 100% jika barang yang dibeli tidak dikirim, tidak sesuai, dan lain-lain.

Setelah kurang lebih 8 tahun berdiri, Bukalapak terus memberikan banyak kontribusi untuk memajukan generasi muda bangsa. Banyak terobosan yang telah dibuat untuk menggerakkan generasi penerus bangsa agar menjadi lebih baik. Dan semoga Bukalapak terus berkontribusi dalam memajukan negara Indonesia.

Dengan adanya toko online, bisnis dengan menggunakan internet pun menjadi lebih mudah. Dulu, berjualan online hanya bisa dijalankan oleh orang yang mengerti tentang IT saja. Namun, setelah adanya toko online, berjualan secara online-pun menjadi sangat mudah dan tentu saja gratis. Kita ambil contoh di Bukalapak, untuk dapat berjualan disini sangat mudah dan tentu saja gratis. Cukup dengan mendaftar sebagai member, dan registrasi sebagai pelapak, selesai. 

UKM dan Bukalapak

Pada awal berdirinya, Bukalapak hanyalah sebuah UKM (Usaha Kecil-Menengah) yang sekarang menjadi lapak/pasar daring untuk UKM-UKM yang ada di Indonesia secara online. Banyak inovasi yang dibuat Bukalapak untuk membantu para pengusaha kecil-menengah untuk dapat terus maju, seperti Mitra Bukalapak yang membantu pengusaha UKM untuk lebih maju dengan memanfa'atkan perkembangan teknologi.

Di Indonesia, UKM menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. UKM menyumbang sekitar 60% dari pendapatan negara dan menampung 97% tenaga kerja. Bukalapak memiliki visi untuk memberdayakan para pelaku UKM Indonesia, karena visi inilah Bukalapak terus melakukan inovasi untuk kemajukan para pelapaknya. 

Dengan adanya toko online seperti Bukalapak, para pelaku UKM bisa mempromosikan barang yang dijual dengan cakupan lebih luas tanpa membutuhkan biaya lebih dan tentunya menjadikan peluang untuk menjadikan usahanya menjadi lebih maju. Kemajuan dalam usaha ini tentunya sangat berdampak positif bagi perekonomian Indonesia.

#BukaInspirasi

Selain memajukan sektor perekonomian, alangkah baiknya ini di iringi dengan memajukan sektor pendidikan. Menurut penulis, sektor perekonomian tidak akan terus membaik jika para penerus bangsa mengalami kemunduran dalam pendidikan. Bukalapak sebagai perusahaan e-commerance yang besar di Indonesia yang memiliki misi untuk memberdayakan para pelaku UKM pasti mengerti atas pentingnya pendidikan bagi kemajuan disektor ekonomi.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat sektor pendidikan semakin maju, seperti membenahi sarana pra-sarana sekolah, mendirikan bimbingan belajar, dan masih banyak yang lainnya. Tanngung jawab untuk memajukan Indonesia adalah tugas dari para generasi muda bangsa, bukan tugas pemerintahan. Pemerintah hanya bertugas untuk memfasilitasi para generasi muda untuk terus berkarya dan mengharumkan nama bangsa.

Contoh pemuda yang meng-inspirasi adalah CEO sekaligus Founder dari perusahaan jual beli online yang memiliki misi untuk memberdayakan para pelaku UKM dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin maju. Dengan adanya inovasi dari mas Zaky, sektor perekonomian di Indonesia terus mengalami kemajuan dengan pesat. Masih banyak lagi pemuda penuh dengan inspirasi yang berusaha untuk terus mengharumkan nama bangsa.


Toko Online, #BukaInspirasi, dan UKM

Untuk sebuah Toko Online, Bukalapak telah membuat kontribusi yang sangat banyak untuk Indonesia dalam bidang perekonomian. Memilik misi untuk memajukan para pelaku UKM adalah satu ide yang sangat-sangat hebat. Mengesampingkan diri sendiri dan membantu orang lain untuk terus maju adalah hal yang patut untuk diberikan apresiasi dengan penuh.

Untuk #BukaInspirasi, berinovasi adalah hal yang mudah namun sulit. Mudah untuk menemukan inovasi baru, namun sulit untuk mewujudkannya. Banyak dari para pemuda-pemudi Indonesia yang memiliki inovasi baru, yang sayangnya gagal terwujud karena kurangnya dukungan, tidak dianggap, dan sebagainya. Untuk para pemuda-pemudi yang pernah mengalami hal tersebut, janganlah menyerah. Banyak jalan untuk menuju Roma. Teruslah berinovasi lagi dan lagi, sampai inovasi yang kalian serukan diterima dan membuat Indonesia semakin jaya. 

Pada umur Indonesia yang sudah 73 tahun, sudah sepantasnya Indonesia menerima gelar sebagai negara maju dalam segala sektor. Pada umur ini, banyak sekali inovasi yang dibuat oleh para pemuda-pemudi bangsa dalam berbagai faktor. Semoga saja dengan bertambah umur negara kita, bertambah pula inovasi yang dapat mensejahterakan bangsa. 

Untuk (para pelaku) UKM, merintis bisnis baru bukanlah suatu hal yang mudah. memulai bisnis baru itu sama halnya dengan mencari kepercayaan kepada orang lain, dan tentunya mencari kepercayaan bukanlah suatu hal yang mudah bukan. Untuk itu, menggunakan layanan "marketplace"  atau toko online adalah solusinya. Dengan adanya toko online yang sudah terpercaya, memulai bisnis bukanlah yang sangat sulit untuk dikerjakan.

Dari sekian banyak "marketplace"  yang ada di Indonesia, Bukalapak adalah salah satunya. Untuk memulai bisnis online dengan Bukalapak, anda tinggal mendaftar sebagai member. untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi situs bantuan di Bukalapak.

Untuk menarik hati para konsumen, Bukalapak terus memberikan inovasi berupa ide-ide untuk membuat para konsumen betah lama-lama berkunjung di situsnya. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan event yang ada seperti HUT RI kemarin. Dengan begini, promosi barang yang kita jual tidak hanya kita saja yang melakukan promosi, pihak Bukalapak juga ikut andil dalam mempromosikan produk yang anda tawarkan.

Masih banyak lagi ide-ide cerdas yang masih belum dapat di realisasikan, dan semoga ide-ide tersebut mendapatkan perhatian dan menjadi ide yang meng-inspirasi banyak orang. sekianlah dari penulis, semoga bermanfaat...

Amin

No comments:
Write comments