Thursday, February 14, 2019

Pengertian Tag, Elemen, dan Atribut dalam HTML

 


Setelah sebelumnya kita telah belajar bagaimana menyimpan dan menjalankan file HTML di web browser. Yang perlu dipelajari dari HTML adalah penggunaan & pengertian tag, elemen dan atribut. 

Pada dasarnya, Halaman seluruh web yang ada didunia pasti menggunakan HTML sebagai kode yang digunakan untuk menampilkan data yang pada web itu sendiri. Nah, untuk memberitahu web browser akan fungsi dari teks yang ada digunakan lah tag. Dengan tag, kita bisa memberikan fungsi dari setiap teks yang ada, seperti membuat paragraf, huruf cetak miring/tebal, dan masih banyak lagi.

Dalam prakteknya, penggunaan tag pada HTML biasanya terdapat tag berbeda dalam satu fungsi. Contoh, pada saat kita akan menggunakan tag untuk heading, kita ambil heading 2 untuk contoh ini.
[code hl="1, 4, 7"]

Ini adalah heading 2

[/code]

untuk melihat perbedaan dari pengunaan tag, save dan jalankan file dengan tag <h2>, maka hasilnya akan menampilkan tulisan "Ini adalah heading 2" terlihat lebih besar dari pada tidak menggunakan tag <h2>.

Tag <h2> diatas menggunakan macam tag, yaitu tag pembuka <h2> dan tag penutup </h2>. ada juga tag yang tidak memiliki pasangan seperti tag <br />, namun sekarang tag yang tidak memiliki pasangan sudah jarang digunakan.

Banyak tak lagi selain <h2>, ada tag <p> untuk membuat paragraf, tag <b> untuk membuat huruf centak tebal, dan masih banyak lagi.
HTML tidaklah case-sensitive yang artinya, penulisan tag <h2> dengan <H2> akan menghasilkan output yang sama, namun saat ini penggunaan huruf besar sudah jarang digunakan karena para web-developer lebih terbiasa menggunakan huruf kecil.

Pengertian Elemen & Contohnya


Elemen adalah seluruh bagian mulai dari awal tag pembuka sampai tag penutup termasuk juga tag itu sendiri. Atribut sebenarnya juga termasuk dari elemen, namun tidak semua tag memiliki atribut. Contoh,
[code hl="1, 4, 7"] Ini adalah sebuah paragraf baru [/code]
Pada kode diatas "<>Ini adalah sebuah paragraf baru</i>" merupakan elemen dari i

Dalam praktiknya, sebuah elemen biasanya dapat memiliki lebih dari satu tag atau lebih mudahnya, dalam tag satu bisa kita tambahkan tag-tag lain. Contoh.
[code hl="1, 4, 7"] Belajar HTML di website siswamalang.blogspot.com [/code]

Pengertian Atribut dan Contohnya

Atribut adalah informasi yang ditambahkan pada suatu tag yang bisa berupa kode untuk merubah warna teks, ukuruan teks, dan masih banyak lagi. Sebenarnya penggunaan atribut ini tidak terlalu banyak digunakan, karena tidak semua dari tag HTML membutuhkan atribut.

Namun, penggunaan atribut nanti akan sering digunakan saat kita memanipulasi halaman website dengan CSS dan Javascript

tag HTML yang paling sering menggunakan atribut adalah tag <a> yang digunakan untuk membuat link. Contoh,

[code hl="1, 4, 7"] Ini menggunakan atribut href [/code]

diatas merupakan contoh penggunaan atribut href pada tag <a>. Setiap atribut memiliki nama dan nilai dari atribut tersebut. Dan nilai biasanya ditulis dengan memiliki tanda kutip, baik itu kutip satu (') atau pun kutip 2 (").

Pada contoh kode HTML diatas, href="https://siswamalang.blogspot.com" adalah sebuah atribut disertai dengan nilai atribut tersebut. Nilai dari atribut href adalah "https://siswamalang.blogspot.com" yang merupakan sebuah alamat link dari website ini. 

Nilai dari sebuah atribut tidak akan tampil, melainkan akan disimpan didalan tag yang menggunakan atribut tersebut, setelah kode diata dijalankan yang tampil di web browser hanya "Ini menggunakan atribut href".
Sebenarnya banyak sekali tag dalam HTML yang memiliki atribut, href hanya salah satu dari atribut yang ada. Setelah memahami tentang Pengertian Tag, Elemen, dan Atribut dalam HTML, selanjutnya yang akan dipelajari adalah Struktur Dasar dari Halaman HTML.

No comments:
Write comments