Friday, February 8, 2019

Menjalankan File HTML

 

Menjalankan File HTML


Pada tutorial sebelumnya kita sudah membahas tentang memilih Web Browser dan Text Editor. Nah, Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai 'bagaimana menjalankan file HTML'. 

Pertama-tama buatlah folder baru dengan nama yang yang masih ada kaitannya dengan HTML, seperti BelajarHTML, CobaHTML, atau yang lainnya. Pemberian nama ini untuk mempermudah dalam mengakses file HTML kita nanti.

Setalah selesai membuat folder dan menyimpannya, yang perlu dilalukan selanjutnya adalah menjalankan aplikasi notepad ++ atau aplikasi teks editor yang lainnya dan ketikan

Halo Dunia, "Nama Kamu" Akan Belajar HTML

Lalu save teks diatas dengan nama 'pertama.html' dalam folder BelajarHTML yang sudah kita buat tadi. Kemudian kita jalankan file HTML dengan cara klik dua kali pada file HTML tersebut atau dengan klik kanan -> Open With -> Chrome.




Jika Web Browser anda menampilkan teks seperti diatas, Selamat..!!!, anda berhasil menjalankan file HTML pertama anda. Teks diatas adalah contoh paling sederhana karena teks diatas sama sekali.

Pada percobaan kita diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa file HTML harus diakhiri dengan .(dot)html,  jika tidak file yang kita buat tidak akan bisa di eksekusi sebagai file HTML.

Apa yang kita lakukan pada tutorial kali ini adalah menjalankan file HTML pada komputer lokal. Perhatikan pada URL/alamat pada address bar web browser, dapat di pastikan jika akan ada file:/// lalu diikuti dengan alamat file HTML yang kita buat sebelumnya. atau misalnya seperti file:///F:/BelajarHTML/Pertama.html. Jadi kita tidak perlu koneksi internet untuk menjalankan file HTML ini.


Pada saat awal belajar HTML, kesalahan yang paling sering dilakukan adalah masalah "salah save", masalah ini terjadi karena saat kita akan menyimpan teks yang kita buat tanpa memperhatikan "save as type" filenya. Jadi, jangan lupa untuk mengantinya sebagai "All types(*.*)"

Setelah belajar bagaimana cara untuk menjalankan file HTML, untuk selanjutnya kita akan mempelajari tag-tag atau kode-kode dalam HTML.

No comments:
Write comments