Sunday, July 22, 2018

Cara Instalasi Wordpress di Webserver

 

Cara Instalasi Wordpress di Webserver


Selamat datang kembali para pengunjung, pada postingan admin kali ini, admin akan membahas "Cara Instalasi Wordpress di Webserver". mungkin sebagian pengunjung bertanya-tanya "lha... apa bedanya sama install Wordpress di localhost dengan di webserver". 

Langsung saja, perbedaan antara localhost dan webserver ini terletak pada tempat aplikasi server berjalan. pada sistem localhost, aplikasi server berjalan di pc/laptop yang sudah kita instal aplikasi server(seperti XAMPP). jadi jika wordpress diinstal diserver local, maka sudah pasti, perangkat lain tidak bisa mengakses halaman web yang kita buat. namun, jika kita menginstall wordpress  diserver web, sudah pasti perangkat lain bisa mengakses halaman web kita, asalkan perangkat yang mau mengakses web memiliki koneksi internet dan alamat websitenya.

sebelum melakukan instalasi wordpress diwebserver, silahkan cari perusahaan hosting untuk menyewa hosting. karena masih dalam tahap belajar, alangkah baiknya jika kita memakai hosting gratis terlebih dahulu. sebenarnya banyak sekali perusahaan hosting yang menyediakan hosting dengan kemampuan server yang sudah lumayan, namun pada kesempatan kali ini, admin akan mengunakan perusahaan hosting "000webhost" kita mulai "Cara Instalasi Wordpress di Webserver".

1. untuk tahap pertama, silahkan kunjungi web "000webhost" untuk membuat akun. setelah selesai mendaftar akan ada konfirmasi email yang kita gunakan mendaftar tadi. setelah konfirmasi selesai, selanjutnya silahkan login.



2. Setelah berhasil login, langkah selanjutnya adalah konfirmasi kan email yang kita gunakan untuk mendaftar sebelumnya. jika tidak, websitenya tidak akan bisa di akses.
jika proses verifikasi sudah selesai, klik "Manage Website".


NB: perbedaan antara web yang sudah terverifikasi dan yang belum terverifikasi

3. untuk mulai penginstalan Wordpress. pada tahap penginstalan website, kita akan diberikan tiga pilihan. karena kita akan menggunakann Wordpress jadi 2 yang lainya bisa diabaikan. untuk memulai penginstalan wordpress, silahkan klik "INSTAL SEKARANG".


4. sebelum penginstalan dimulai, kita akan diminta untuk mengisi username dan password untuk login ke-website kita nantinya. pada kolom selanjutnya, biarkan default saja. yang terakhir kolom bahasa bisa diganti kebahasa Indonesia. jika sudah terisi semua, lanngsung saja klik "Instal".





5. tunggu sampai proses penginstalan selesai. cara peng-instalan wordpress di localhost dan webserver memang berbeda, karena diwebserver semua konfigurasi dilakukan oleh progam, selanjuntnya pekerjaan kita hanya menuggu konfigurasinya selesai.


6. jika instalasi sudah selesai, anda bisa langsung klik "Go to configuration page", dan silahkan login dengan username dan password yang anda isikan tadi.


7. setelah berhasil login, silahkan menikmati hosting gratis anda.(hehehe)



ya... sekian dari admin tentang "Cara Instalasi Wordpress di Webserver", dan pastinya semoga bermanfa'at. dan terimakasih.

No comments:
Write comments