Monday, February 4, 2019

Mengenal Fungsi dari Web Browser

 



Pada tutorial sebelumnya kita sudah membahas tentang apa yang dinamakan dengan HTML. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa fungsi Web Browser, sekaligus hubungan antara Web Browser dengan HTML.


Pengertian Web Browser

Sebelum membahas mengenai fungsi dari Web Browser, sebaiknya kita pahami dulu apa itu Web Browser. Pengertian secara umum dari Web Browser adalah suatu aplikasi (software) yang di gunakan untuk menerima, menampilkan, dan menerjemahkan informasi dari world wide web(wikipedia).Setelah kita membahas tentang pengertian Web Browser, selanjutnya adalah hubungan antara Web Browser dan HTML. 

Dari pengertian Web Web Browser di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa sebuah fungsi dari browser adalah penerjemah informasi dari world wide web. Salah satu informasi yang di terjemah oleh browser adalah dokumen HTML. Jadi kode HTML yang kita buat akan di terjemahkan secara otomatis oleh browser yang di gunakan menjadi output yang di ingin kan.

Karena saat ini banyak sekali browser yang ada saat ini, maka di bentuk lah sebuah badan standarisasi dunia yang khusus menangani web yaitu W3C(World Wide Web Consortium). Dikarenakan browser yang ada menerjemahkan kode-kode HTML secara berbeda-beda, maka di bentuk lah organisasi ini untuk membuat standar dari penerjemahan kode HTML. Namun pada kenyataannya, penerapan standar ini hanya sebuah rekomendasi. 

Beberapa web browser membuat aturannya sendiri, contoh browser yang membuat aturannya sendiri adalah IE / Internet Explorer yang sangat populer pada tahun 2000-an. Pada saat itu hampir 90% browser yang di gunakan adalah IE, dan IE tidak sepenuhnya mengikuti standar yang telah di tentukan oleh W3C. Namun, sekarang IE sudah tidak se populer dulu, sekarang browser yang paling sering di gunakan adalah Chrome dari Google. 


Browser Paling Populer


Berikut adalah data browser terpopuler yang di keluarkan oleh W3C pada desember 2018.


Dari gambar diatas, penggunaan Chrome jauh melampaui browser lainnya. Bahkan Internet Explorer & Edge jauh di bawah Browser besutan google ini. Yang bertanggung jawab atas ke-populeran Chrome meninggalkan yang lain adalah tren penggunaan ponsel pintar yang menggunakan OS android yang tentunya sudah menginstal Chrome.

Untuk mendapatkan versi terbaru dari Web Browser di atas bisa didownload langsung di situs resminya atau klik tombol dibawah ini. 


Chrome Mozilla Opera
Mozilla juga mengeluarkan versi developer untuk membantu para develop website, anda bisa mendownloadnya langsung ke website resmi mozilla atau bisa klik tombol dibawah.


Mozilla Developer
Versi Mozilla ini banyak memiliki fitur untuk memperdalam ilmu tentang website, jadi untuk para pelajar yang ingin belajar lebih tentang website, admin saran kan menggunakan browser ini sebagai pilihan anda.

Setelah memilih Web Browser untuk belajar html, tidak kalah pentingnya untuk memilih sebuah aplikasi text editor. "Apa itu text editor ?", kita akan membahasnya di tutorial selanjutnya.  

No comments:
Write comments