Friday, July 20, 2018

Content Management System (CMS)

 

Content Management System (CMS)



Selamat datang para pegunjung, dalam kesempatan kali ini, admin akan mengulas seputar Content Management System atau yang lebih dikenal dengan CMS, langsung saja, admin akan memberikan pengertian CMS. CMS menurut kamus besar internet (wikipedia maksudnya), adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi(mengubah) isi dari suatu web. dalam CMS biasanya terdapat 2 bagian penting, yaitu

 1. aplikasi manajemen isi (Content Management Application, CMA). CMA berfungsi untuk mengelola konten yang mungkin saja tidak menggunakan kode html mentah, untuk melakukan manipulasi data dalam suatu website, seperti menambah,menghapus, dan mengubah. dalam penggunaan CMA ini tidak diperlukan keahlian sebagai seorang webmaster


 2. aplikasi pengiriman isi (content delivery application, CDA). CDA berfungsi sebagai penyimpan data yang telah ditambah,diubah,dan dihapus oleh pemilik website dengan tujuan untuk memperbarui websitenya.

selain 2 pembagian diatas beserta fungsinya, masih ada lagi pembagian lainya yang ditinjau dari sisi yang berbeda. namun karena admin yang belum paham, jadi pembagian yang selanjutnya akan admin bahas dikesempatan yang lain. 

Selanjutnya, admin akan membahas fungsi dari CMS. fungsi dari CMS secara garis besar adalah gabungan fungsi dari CMA dan CDA yang sudah disebutkan diatas, atau lebih jelasnya, CMS berfungsi untuk mengubah,manambah, menghapus, sekaligus menyimpan data yang terdapat dalam suatu website. Selain 4 fungsi utama diatas, masih ada banyak lagi fungsi yang terdapat dalam suatu CMS, antara lain seperti pembuatan indeks, pengarsipan, pencarian, dan masih banyak yang lainya.

Contoh dari CMS antara lain, Seperti Wordpress, Blogger, Drupal, Joomla dan masih banyak lagi. Pada saat Artikel ini ditulis Wordpress adalah CMS paling populer yang digunakan oleh banyak website aktif didunia.


Admin rasa penjelasan admin sudah cukup seputar CMS, jika pengunjung ada pertanyaan, silahkan tulis pertanyaan anda dikolom komentar. sekian dari admin, semoga bermanfaat.


No comments:
Write comments